BEM KM FK UNAND

Lambang Universitas Andalas

BEM KM FK UNAND

Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran

BEM KM FK UNAND

Lambang KM FK UNAND

BEM KM FK UNAND

Tuesday, March 26, 2013

Uang Kuliah Tunggal, Bagaimana dengan Fakultas Kedokteran Unand?


Sekarang sedang maraknya pembahasan mengenai penerapan uang kuliah tunggal di berbagai Universitas di Inddonesia. Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sistem pembayaran akademik di mana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan jurusannya masing-masing. UKT dinilai sebagai terobosan baru dalam pembayaran akademik. Ciri khas UKT adalah dihapuskanya Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) di semua jurusan universitas di Indonesia, dan dengan sistem pembayaran yang ditetapkan per semester oleh jurusan masing-masing, maka sistem pembayaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS) tidak berlaku lagi.
Dasar hukum dibentuknya sistem UKT ini yaitu dengan adanya surat edaran yang di keluarkan oleh dirjen Dikti, diantaranya :
a)      Surat Edaran Dirjen Dikti No. 21/E/T/2012 tertanggal 4 Januari 2012 tentang Uang Kuliah Tunggal
b)      Surat Edaran Dirjen Dikti No. 274/E/T/2012 tertanggal 16 Februari 2012 tentang Uang Kuliah Tunggal
c)      Surat Edaran Dirjen Dikti No. 305/E/T/2012  tertanggal 21 Februari 2012 tentang Larangan Menaikkan Tarif Uang Kuliah
d)     Surat Edaran Dirjen Dikti No. 488/E/T/2012 tertanggal 21 Maret 2012 tentang Tarif Uang Kuliah SPP di Perguruan Tinggi
e)      dan yang terakhir Surat Edaran Dirjen Dikti No. 97/E/KU/2013 tertanggal 5 Februari 2013 tentang Uang Kuliah Tunggal.
Berikut beberapa Universitas yang akan menerapkan UKT:
·         Universitas Indonesia
·         Universitas Padjajaran
·         Institut Teknologi Surabaya
·         Universitas Negeri Surabaya
·         Institut Pertanian Bogor
·         Universitas Negeri Semarang
·         Universitas Hasanuddin
·         Universitas Diponegoro
·         Universitas Mataram,dll
Berikut ada beberapa Keuntungan Uang Kuliah Tunggal :
1. Mahasiswa lebih mudah dan praktis dalam membayar uang kuliah, yakni hanya membayar uang kuliah satu kali dalam satu semester, serta tidak dipungut biaya tambahan.
2. adanya transparansi biaya uang kuliah yang dikeluarkan oleh mahasiswa selama menjalani kuliah di Universitas tersebut.
3. Pemerintah dapat mengetahui secara jelas jumlah biaya yang dapat disubsidikan kepada perguruan tinggi negeri dalam bentuk BOPTN.
Berikut Kerugian Uang Kuliah Tunggal :
1. Biaya operasional perguruan tinggi akan mengalami penurunan  atau bahkan defisit dikarenakan jumlah uang kuliah yang masuk tidak sesuai dengan anggaran.
2. Biaya kuliah terkesan lebih mahal, karena dibayarkan sekaligus di awal semester. Ini mungkin tidak akan  menjadi masalah bagi masyarakat mampu. Namun bagi masyarakat kurang mampu, bebannya akan menjadi lebih berat dikarenakan beberapa biaya kuliah seperti wisuda dan KKN serta SPP dibayarkan pada awal semester setiap tahun. Seperti sistem kredit, akan menyebabkan mahasiswa kurang mampu sulit melunasi biaya kuliah yang tersisa.
            Sejauh ini sudah ada wacana akan di terapkannya sistem UKT di Universitas Andalas, akan tetapi waktunya masih belum pasti. Akankah Universitas Andalas menerapkan sistem ini. Bagaimanakah sikap Fakultas Kedokteran Unand sendiri, terhadap kebijakan baru ini? Akankah menerapkannya atau tidak???
            Dalam bulan ini akan diadakan rapat dengan pihak dekanat terkait penerapan UKT di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas... Bagi rekan-rekan yang ingin menyampaikan tanggapannya, silahkan sampaikan ke Departemen Kajian Strategis BEM KM Unand... 

Monday, March 25, 2013

Open Recruitment Panitia SU VIII


Dibuka Open Recruitment Panitia Sidang Umum VIII. Buruan daftar dan ikuti wawancaranya. Untuk info lengkapnya, cek pamflet diatas ya :) 

Sunday, March 24, 2013

Sosialisasi Budaya Minang (SBM)


Sosialisasi Budaya Minang (SBM) kali ini mengulas tentang Sipak Rago. Sipak Rago adalah salah satu permainan anak nagari yang boleh dikatakan mirip permainan takraw. Tapi sebetulnya tidaklah sama. Mau tau lebih lanjut tentang Sipak Rago? Silahkan baca ulasan di atas :)

PP dan PKU Unduh Disini


Silahkan unduh lampiran PP (Peraturan Pemerintah) dan PKU (Peraturan Ketua Umum) disini

Monday, March 4, 2013

Medical Skill Improvement 2013 Review


MSI (Medical Skill Improvement) merupakan program kerja dari Departemen Pendidikan dan profesi yang dilaksanakan sekali setiap periode kepengurusan kabinet.
Pada Kabinet Aktif dan Kontributif, MSI berhasil di angkatkan pada hari minggu tanggal 17 februari 2013 di gedung GH Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dengan tema Save Mom and  Sons. Dari temanya saja, kita sudah bisa memprediksikan bahwa pelatihannya tidak jauh-jauh dari Ibu dan Anak. Berikut adalah pelatihan skill yang di berikan :
1.      “Save Mom”  dengan cara :
Memiliki skill dalam Asuhan Persalinan Normal (APN ) yang terdiri dari :
a.       Partus
b.      Kala 3
c.       Efisiotomi
d.      Pencegahaninfeksi

2.      “Save Son” dengan cara :
Memiliki skill di bidang Sirkumsisi (sunat)

Tidak tanggung-tanggung, panitia MSI kali ini mendatangkan langsung pakar di bidangnya, yaitu dari bidang Obstetric and Gynaecology (dr. Yoserizal Serudji Sp.OG (K) untuk pemberian teori APN dan bidang Bedah Urologi ( dr. YevriZulfikar Sp.B, Sp.U ) untuk pemberian teori sirkumsisi.
Panitia juga memfasilitasi LEBIH DARI 100 (seratus) peserta untuk bisa mempraktekan langsung teori-teori yang disampaikan pakar. Tidak hanya itu, tiap 10 atau 11 peserta dibagi per kelompok-kelompok dan tiap kelompok difasilitasi oleh satu orang INSTRUKTUR (kakak senior yang sudah berpengalaman) untuk langsung mengajari teori yang diberikan pakar.
Terima kasih kami ucapkan kepada pakar dan instruktur yang telah mengajari kami. Semoga acara ini bisa memberikan banyak manfaat dalam mengembangkan skill kita sebagai dokter. Acara ini berlangsung dengan sukses dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada instruktur dan pakar pada pukul 13.30.

Wassalam.

Sunday, March 3, 2013

Mapres 2013


MAPRES merupakan sebuah ajang pencarian Mahasiswa Berprestasi tingkat fakultas di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Acara ini diprogram oleh Departemen Pendidikan dan Profesi BEM KM FK UNAND dalam rangka menjalankan fungsi fasilitasi BEM untuk warga KM. MAPRES 2013 diketuai oleh Rizky Dwi Utami dengan anggota berjumlah 5 orang, yang semuanya adalah punggawa Departemen Pendidikan dan Profesi.
MAPRES 2013 bertemakan “Kewirausahaan”. Proses seleksi MAPRES sendiri sudah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2013. Tahapan seleksi MAPRES 2013 meliputi seleksi administratif, public speaking, kewirausahaan, cerdas cermat, penulisan essay, presentasi essay, dan penampilan bakat. Ada yang baru dan unik dari seleksi MAPRES 2013, karena yang diangkatkan adalah tema Kewirausahaan, peserta dibentuk menjadi kelompok-kelompok dan diberi tugas untuk berwirausaha dengan modal awal Rp50.000 yang diberikan oleh panitia.
Dari 18 peserta yang mendaftar, 15 orang lolos seleksi administrasi untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Pada seleksi public speaking dan kewirausahaan, peserta mulai berguguran. Ada 10 orang peserta yang tersisa untuk mengikuti seleksi penulisan essay. Dari seleksi penulisan essay, hanya ada 5 peserta yang lolos menjadi finalis MAPRES 2013, kelima orang itu adalah Martga Bella Rahimi (2009), Revan Aliantino (2010), Fadma Yuliani (2010), Cintya Andriani (2010), dan Harry Pasca Rullian (2011).
Final MAPRES 2013 dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2013 di gedung I. Di final, finalis harus mempresentasikan essay dan menampilkan bakat mereka. Finalis juga diharuskan membawa pendukung sebanyak-banyaknya untuk menentukan peserta Most Favourite Bakat yang ditampilkan antaralain berpidato dalam bahasa inggris, berpidato dalam bahasa Indonesia, bernyanyi, bermain trik kartu, story telling. Penjurian dilakukan oleh tiga orang juri yang masing-masing ahli dalam satu aspek penilaian. Juri pertama adalah kakak siska yang bekerja untuk Forum Lingkar Pena, abang Muhammad Taufiq seorang wirausahawan dan juga mahir dalam public speaking, dan dr. Taufik Hidayat yang menilai dari segi kedokteran.
Dari hasil akhir akumulasi poin dan kedatangan pendukung, peserta Most Favourite jatuh kepada Martga Bella Rahimi (2009) yang membawa keluarganya untuk mendukungnya dalam ajang pencarian mahasiswa berprestasi ini. Juara III diraih oleh Harry Pasca Rullian (2011) yang menampilkan bakat berupa trik kartu. Sedangkan Juara II diraih oleh Martga Bella Rahimi (2009), dengan ini beliau mendapatkan 2 prestasi pada MAPRES 2013. Juara I diraih oleh koordinator Biro Dana dan Usaha, Revan Aliantino (2010) yang menyuguhkan suara merdunya dalam penampilan bakat MAPRES 2013.