BEM KM FK UNAND

Tuesday, March 26, 2013

Uang Kuliah Tunggal, Bagaimana dengan Fakultas Kedokteran Unand?


Sekarang sedang maraknya pembahasan mengenai penerapan uang kuliah tunggal di berbagai Universitas di Inddonesia. Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sistem pembayaran akademik di mana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan jurusannya masing-masing. UKT dinilai sebagai terobosan baru dalam pembayaran akademik. Ciri khas UKT adalah dihapuskanya Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) di semua jurusan universitas di Indonesia, dan dengan sistem pembayaran yang ditetapkan per semester oleh jurusan masing-masing, maka sistem pembayaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS) tidak berlaku lagi.
Dasar hukum dibentuknya sistem UKT ini yaitu dengan adanya surat edaran yang di keluarkan oleh dirjen Dikti, diantaranya :
a)      Surat Edaran Dirjen Dikti No. 21/E/T/2012 tertanggal 4 Januari 2012 tentang Uang Kuliah Tunggal
b)      Surat Edaran Dirjen Dikti No. 274/E/T/2012 tertanggal 16 Februari 2012 tentang Uang Kuliah Tunggal
c)      Surat Edaran Dirjen Dikti No. 305/E/T/2012  tertanggal 21 Februari 2012 tentang Larangan Menaikkan Tarif Uang Kuliah
d)     Surat Edaran Dirjen Dikti No. 488/E/T/2012 tertanggal 21 Maret 2012 tentang Tarif Uang Kuliah SPP di Perguruan Tinggi
e)      dan yang terakhir Surat Edaran Dirjen Dikti No. 97/E/KU/2013 tertanggal 5 Februari 2013 tentang Uang Kuliah Tunggal.
Berikut beberapa Universitas yang akan menerapkan UKT:
·         Universitas Indonesia
·         Universitas Padjajaran
·         Institut Teknologi Surabaya
·         Universitas Negeri Surabaya
·         Institut Pertanian Bogor
·         Universitas Negeri Semarang
·         Universitas Hasanuddin
·         Universitas Diponegoro
·         Universitas Mataram,dll
Berikut ada beberapa Keuntungan Uang Kuliah Tunggal :
1. Mahasiswa lebih mudah dan praktis dalam membayar uang kuliah, yakni hanya membayar uang kuliah satu kali dalam satu semester, serta tidak dipungut biaya tambahan.
2. adanya transparansi biaya uang kuliah yang dikeluarkan oleh mahasiswa selama menjalani kuliah di Universitas tersebut.
3. Pemerintah dapat mengetahui secara jelas jumlah biaya yang dapat disubsidikan kepada perguruan tinggi negeri dalam bentuk BOPTN.
Berikut Kerugian Uang Kuliah Tunggal :
1. Biaya operasional perguruan tinggi akan mengalami penurunan  atau bahkan defisit dikarenakan jumlah uang kuliah yang masuk tidak sesuai dengan anggaran.
2. Biaya kuliah terkesan lebih mahal, karena dibayarkan sekaligus di awal semester. Ini mungkin tidak akan  menjadi masalah bagi masyarakat mampu. Namun bagi masyarakat kurang mampu, bebannya akan menjadi lebih berat dikarenakan beberapa biaya kuliah seperti wisuda dan KKN serta SPP dibayarkan pada awal semester setiap tahun. Seperti sistem kredit, akan menyebabkan mahasiswa kurang mampu sulit melunasi biaya kuliah yang tersisa.
            Sejauh ini sudah ada wacana akan di terapkannya sistem UKT di Universitas Andalas, akan tetapi waktunya masih belum pasti. Akankah Universitas Andalas menerapkan sistem ini. Bagaimanakah sikap Fakultas Kedokteran Unand sendiri, terhadap kebijakan baru ini? Akankah menerapkannya atau tidak???
            Dalam bulan ini akan diadakan rapat dengan pihak dekanat terkait penerapan UKT di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas... Bagi rekan-rekan yang ingin menyampaikan tanggapannya, silahkan sampaikan ke Departemen Kajian Strategis BEM KM Unand... 

0 comments: